Powered By Blogger

Selasa, 26 Maret 2013

BETERNAK IDE DAN GAGASAN



Banyak cara dan usaha telah dilakukan demi mendapatkan dan memuaskan keinginan akan materi dalam kehidupan ini.berbagai kebutuhan hidup serasa datang silih berganti tanpa ada batasan yang jelas kapan akan berhenti.Lewat bermacam-macam usaha,semua orang seolah-olah berlomba mendapat segala kenginan, baik dengan jalan yang biasa (lewat kerja) maupun jalan yang tidak biasa (aneh-aneh).
Banyak hal yang mungkin mempengaruhi ragam dan jenis kebutuhan saat ini, mungkin salah satunya adalah Pola dan Gaya hidup masyarakat di era modern ini.Semakin modern gaya hidup seseorang,seolah-olah semakin beragam kebutuhannya. Jaman dahulu,seseorang tidak butuh handphone dala hidupnya sehingga dia tidak perlu susah-susah mencari uang untuk membeli pulsa. Orang jaman dahulu juga tidak butuk AC dikamar tidurnya,sehingga dia tidak perlu pusing memikirkan tagihan listrik tiap bulannya.
Tentu saja kehidupan mereka dijaman dahulu sederhana dan tidak aneh-aneh, kesehatan mereka serasa terjamin,jarang sakit ataupun pusing.
            Dalam era modern dan serba canggih ini tentu saja kita tidak bisa bergaya hidup sperti orang-orang dahulu, sekarang ini kita dituntut untuk cepat,tanggap dan gesit dalam menjalani kehidupan. Segala informasi yang kita butuhkan harus cepat didapatkan agar kita dapat segera merancang dan memikirkan jurus-jurus jitu untuk menentukan langkah.
Menurut penulis,dalam menghadapi kebutuhan di era modern sekarang ini,selain kita harus cepat,tanggap dan selalu bekerja/berusaha keras, kita juga dituntut bisa kreatif menciptakan ide-ide dan gagasan yang bermanfaat yang mungkin dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dalam usaha pemenuhan kebutuhan hidup.
            Kita harus bisa menciptakan ide untuk menciptakan peluang-peluan usaha baru yang seuai dengan keahllian dan modal yang kita miliki.Memang tidak mudah…,butuh waktu,usaha keras & perjuangan yang menyakitkan agar kita bisa sukses mewujudkan ide & gagasan tersebut.
Sebuah contoh yang mudah dan sering kita temukan adalah kita harus dapat menciptakan ide atau gagasan yang dapat menciptakan peluang pekerjaan baik bagi kita maupun orang lain. Misalnya kita memiliki modal berupa keahlian bercocok tanam dan sedikit uang serta lahan kosong yang tidak seberapa luas, munngkin kita dapat memanfaatkanya menjadi sebuah lahan perkebuanan kecil,yang hasilya munngkin hanya cukup untuk memnuhi kebutuhan sayur-mayur dirumah kita. Apabila uasah berkebun itu berhasil,bisa jadi kita tidak perlu repot-repot menungu tukang sayur tapun pergi kepasar setiap harinya.Minimal uang jatah untuk beli sayur bisa kita tabung atau kita alihkan ke yang lain. Bisa juga apabila kita memiliki sedikit keahlian dibidang seni ukir kayu,kita dapat memanfaatkan kayu-kayu sisa yang ada disekitar rumah kita menjadi sebuah benda yang memiliki nilai seni atau berguna untuk kebutuhan sehari-hari,misalnya sisa potongan bekas/sisa kayu kusen kita olah menjadi hiasan-hiasan dinding atau hiasan meja yang apik dan mungkin juga laku dijual.
Inti dari semua yang penulis ungkapkan diatas adalah : Jangan pernah berputus asa dalam berusaha memnuhi kebutuhan hidup dijaman modern ini.Tumbuhkan jiwa dan semangat kreatif dalam diri anda, agar dapat mengurangi rasa penat dan bosan serta mungkin bisa menghasilkan sesuatu yang menghasilkan uang sehingga dapat mengurangi beban kita dalam memenuhi keinginan dan kebutuhan keseharian dalam hidup kita.
Banyak hal & cara untuk menumbuhkan jiwa kreatif dalam diri kita.salah satu diantaranya adalah selau aktif mencari peluang –peluang usaha ataupun informasi melalui berbagai media massa .Juga mungkin kita harus menanamkan dalam diri kita jiwa selalu bertanya agar kita mendapatkan berbagai info dan ilmu bermanfaat. Seperti kata pepatah : ”Malu Bertanya Sesat Dijalan”.
Berikut ini adalah Contoh Ide & Gagasan sederhana yang mungkin dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.
Contoh:
1.Pemanfaatan Kayu bekas menjadi model Pesawat (Miniatur pesawat terbang)
2.Pemanfaatan limbah Plastik/kantong plastik bekas menjadi Tas
3.Pemanfaatan Akar bambu menjadi hiasan dinding & meja
4.Pemanfaatan Potonngan Bambu menjadi seni ukir kaligrafi
5.Pemanfaatan Sampah daun menjadi pupuk kompos
6.Pemanfaatan Rumput menjadi anyaman Tikar,tas dan lain-lain
7.Dan lain sebagainya.

Jangan pernah menyerah ataupun berputus asa, segala sesuatu /permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Memanng tidak mudah mengawali usaha dari titik nol.Apalagi keterbatasab biaya dan modal lainnya menghantui kita. Asalkan kita ada niat dan berani berusaha ( termasuk berdoa),Pasti ada jalan. Bangsa kita masih dan sangat mem,butuhkan ide-ide kreatif yang dapat membawa kesejahteraan. Sebisa mungkin kita menjadi Tuan atau majikan bagi diri kita sendiri,jangan selalu berharap untuk menjadi karyawan kalau kita bisa jadi Majikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar