Powered By Blogger

Selasa, 30 April 2013

PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN BENIH PADI UNGGUL


Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan untuk mendapatkan laba. Berhasil tidaknya dalam pencapaian tujuan bisnis tergantung kepada keahlian pengusaha di bidang pemasaran, produksi, keuangan maupun bidang lain. Selain itu tergantung pula pada kemampuan pengusaha untuk mengkombinasikan fungsi-fungsi tersebut agar usaha perusahaan dapat berjalan lancar.
Dalam hal ini yang dimaksud dengan pemasaran adalah :Suatu sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun kepada pembeli yang potensial.[1]  Dari uraian di atas dapat diketahui bahwa pemasaran adalah suatu sistem dari kegiatan-kegiatan yang merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa kepada kelompok pembeli.Perusahaan harus memadukan keputusan-keputusan pemasarannya dengan fungsi pemasaran yang lain. Biasanya bagian pemasaran mengkoordinasikan tugas-tugas pada bagian dalam perusahaan secara informal. Hal ini menyebabkan semakin pentingnya bagian pemasaran bagi perusahaan.
Sebelum mengadakan pengembangan barang baru, riset pemasaran perlu dilakukan lebih dahulu. Juga mengenai dana yang harus disediakan dalam operasinya.PT. Sang Hyang Seri merupakan salah satu dari institusi industri pertanian yang semula berbentuk perusahaan umum yang bersertifikat pada tahun 1971, disempurnakan melalui PP No. 44 tanggal 28 November 1985. Pada tahun 1995 pemerintah mengubah perusahaan umum menjadi PT Sang Hyang Seri (Persero). PT Sang Hyang Seri bergerak di bidang usaha pengadaan dan penyebaran benih padi unggul.
Dalam memproduksi benih padi unggul dilakukan di bawah pengawasan seorang pemulia tanaman (breeder). Sebagai sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengadaan dan penyebaran benih padi unggul, PT Sang Hyang Seri memiliki sebuah strategi pemasaran yaitu berusaha memuaskan konsumen dari segi keunggulan produk, harga produk, maupun pendistribusian produk kepada konsumen. Di bidang keunggulan produk, PT Sang Hyang Seri telah memproduksi benih-benih yang telah teruji keunggulannya, baik terhadap hama dan penyakit, maupun terhadap perubahan cuaca.
Di bidang harga produk, PT Sang Hyang Seri telah menetapkan harga produk yang sesuai dengan kualitas produk. Di bidang pendistribusian, PT Sang Hyang Seri telah memiliki distributor tetap dan juga kemungkinan pembelian langsung kepada perusahaan dengan syarat harus memenuhi jumlah pembelian tertentu. Keberhasilan strategi pemasaran yang diterapkan PT Sang Hyang Seri tercermin dalam volume penjualan yang berhasil direalisasikan perusahaan. Jika strategi pemasarannya berhasil, maka volume penjualan PT Sang Hyang Seri akan meningkat. Sebaliknya jika strategi pemasarannya tidak berhasil, maka volume penjualan PT Sang Hyang Seri tidak akan meningkat atau bahkan menurun.Berkaitan dengan uraian di atas, maka menarik untuk dilakukan penelitian berjudul Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Benih Padi Unggul pada PT Sang Hyang Seri (Persero) Kulonprogo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar