Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang
dilakukan oleh para pengusaha dalam usahanya untuk mempertahankan
kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan untuk mendapatkan laba.
Berhasil tidaknya dalam pencapaian tujuan bisnis tergantung kepada
keahlian pengusaha di bidang pemasaran, produksi, keuangan maupun bidang
lain. Selain itu tergantung pula pada kemampuan pengusaha untuk
mengkombinasikan fungsi-fungsi tersebut agar usaha perusahaan dapat
berjalan lancar.
Dalam hal ini yang dimaksud dengan pemasaran adalah :Suatu sistem
keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan,
menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa
yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun kepada
pembeli yang potensial.[1] Dari uraian di atas dapat diketahui bahwa
pemasaran adalah suatu sistem dari kegiatan-kegiatan yang merencanakan,
menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa
kepada kelompok pembeli.Perusahaan harus memadukan keputusan-keputusan
pemasarannya dengan fungsi pemasaran yang lain. Biasanya bagian
pemasaran mengkoordinasikan tugas-tugas pada bagian dalam perusahaan
secara informal. Hal ini menyebabkan semakin pentingnya bagian pemasaran
bagi perusahaan.
Sebelum mengadakan pengembangan barang baru, riset pemasaran perlu
dilakukan lebih dahulu. Juga mengenai dana yang harus disediakan dalam
operasinya.PT. Sang Hyang Seri merupakan salah satu dari institusi
industri pertanian yang semula berbentuk perusahaan umum yang
bersertifikat pada tahun 1971, disempurnakan melalui PP No. 44 tanggal
28 November 1985. Pada tahun 1995 pemerintah mengubah perusahaan umum
menjadi PT Sang Hyang Seri (Persero). PT Sang Hyang Seri bergerak di
bidang usaha pengadaan dan penyebaran benih padi unggul.
Dalam memproduksi benih padi unggul dilakukan di bawah pengawasan
seorang pemulia tanaman (breeder). Sebagai sebuah perusahaan yang
bergerak di bidang pengadaan dan penyebaran benih padi unggul, PT Sang
Hyang Seri memiliki sebuah strategi pemasaran yaitu berusaha memuaskan
konsumen dari segi keunggulan produk, harga produk, maupun
pendistribusian produk kepada konsumen. Di bidang keunggulan produk, PT
Sang Hyang Seri telah memproduksi benih-benih yang telah teruji
keunggulannya, baik terhadap hama dan penyakit, maupun terhadap
perubahan cuaca.
Di bidang harga produk, PT Sang Hyang Seri telah menetapkan harga
produk yang sesuai dengan kualitas produk. Di bidang pendistribusian, PT
Sang Hyang Seri telah memiliki distributor tetap dan juga kemungkinan
pembelian langsung kepada perusahaan dengan syarat harus memenuhi jumlah
pembelian tertentu. Keberhasilan strategi pemasaran yang diterapkan PT
Sang Hyang Seri tercermin dalam volume penjualan yang berhasil
direalisasikan perusahaan. Jika strategi pemasarannya berhasil, maka
volume penjualan PT Sang Hyang Seri akan meningkat. Sebaliknya jika
strategi pemasarannya tidak berhasil, maka volume penjualan PT Sang
Hyang Seri tidak akan meningkat atau bahkan menurun.Berkaitan dengan
uraian di atas, maka menarik untuk dilakukan penelitian berjudul
Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Benih
Padi Unggul pada PT Sang Hyang Seri (Persero) Kulonprogo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar