Powered By Blogger

Selasa, 16 April 2013

Mudahnya Menanam Kangkung Hidroponik

Hits : 8853 PDF Cetak E-mail
Minggu, 06 Maret 2011 08:45
hidroponik-kangkungMenanam tanaman hidroponik tidaklah susah. Anda pasti dapat melakukannya, karena proses penanaman dan perawatannya mudah. Alat dan bahannya pun mudah didapat. Tanaman hidroponik yang akan kita tanam adalah kangkung. Pertama-tama, sediakanlah bibit tanaman kangkung, sekam, nampan plastik sebanyak 2 buah (pendek dan tinggi), spons sesuai ukuran nampan, cutter, pinset, sumpitus, air, dan styrofoam.

Jika semua alat dan bahan sudah tersedia, lakukanlah langkah-langkah berikut. Untuk menanam kangkung hidroponik, media tanam yang dipakai adalah sekam. Sekam ini tak perlu dicuci, cukup siapkan sekam dalam kondisi basah. Anda juga bisa menanam dengan media pasir. Jika Anda ingin menggunakan pasir, pasir tersebut harus Anda cuci terlebih dulu. Cucilah pasir dengan cara yang sama seperti saat mencuci beras.

Langkah selanjutnya, buatlah garis-garis sebesar 1 cm pada sekam dengan jarak masing-masing garis sebesar 2 cm. Lalu ambil biji kangkung, dan tebarkan di atas sekam. Biji harus disebar sendiri-sendiri secara berbaris, jangan sampai ada biji yang bertumpuk. Sesudah itu tutup kembali biji dengan sekam hingga biji tak terlihat.

Setelah 3 hari, jemurlah benih kangkung ini di bawah sinar matahari. Seminggu kemudian tanaman kangkung yang mulai tumbuh. Ambillah 5 batang kangkung dan usahakan agar akarnya tidak putus. Bersihkan akarnya dengan cara direndam dalam air. Selanjutnya, tanamlah kangkung ke dalam lubang styrofoam. Kangkung akan dapat dipanen setelah usianya 25–30 hari. (*/Tabloidnova

Tidak ada komentar:

Posting Komentar